Minggu, 06 Maret 2011

PEMUDA GEMILANG PRAKTEK REBOISASI KEDUA

Bukit Pogog (IJW)
Wonolelo-Generasi Muda-Mudi Gemilang Melikan kembali menanam bibit pohon di pegunungan Pogog, sebelah timur Desa Wonolelo. Sedikitnya 500 bibit pohon Mahoni telah dipersiapkan sejak beberapa hari lalu. Penanaman ini merupakan tindak lanjut dari program reboisasi
dari seksi lingkungan hidup Generasi Muda-Mudi Gemilang, dan merupakan agenda masa bakti 2009-2011. Penanaman ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh anggota Gemilang pada Minggu pagi (6/3/2011) pukul 6 pagi.
Tujuan dari program reboisasi ini adalah untuk menghijaukan pegunungan Pogog yang rawan longsor yang merupakan efek dari gempa 26 Juni 2006 lalu. Selain itu, dengan penanaman pohon secara kontinyu diharapkan saat bibit telah tumbuh besar nanti dapat menahan erosi yang terjadi pada saat musim penghujan seperti saat ini dan pohon-pohon yang telah ditanam diharapkan mampu menahan air karena sebagian besar warga yang tinggal di bawah pegunungan memanfaatkan air yang ada dipegunungan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
Menurut Munasir selaku koordinator seksi lingkungan hidup Generasi Muda-Mudi Gemilang, program penghijauan ini akan terus berlanjut walaupun kepengurusan pada saatnya nanti terjadi pergantian. Karena menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, seperti halnya pemuda yang merupakan bagian dari masyarakat. Program reboisasi pegunungan Pogog merupakan program utama Generasi Muda-Mudi Gemilang. (Red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Unggulan

Home Industri Rambak Kulit Cap Janur

Pak Bardi (IJW Doc). IJW-Sabtu (7/8/2021) penulis berkesempatan mengunjungi rumah Pak Bardi, pelaku home industri atau pelaku usaha rumahan ...